BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 17 April 2011

Pengaruh Lingkungan Terhadap Fenotip


       Tampilan fisik (fenotip) tidak hanya ditentukan oleh gen, namun dipengaruhi juga oleh lingkungan. Faktor eksternal yang mempengaruhi organisme diantaranya :
E Makanan (nutrisi)
E Suhu
E Cahaya matahari
E Kelembaban
E Curah hujan
       Adanya pengaruh lingkungan terhadap fenotip ini contohnya, sebatang pohon, akan mengikuti genotip yang diwarisinya yakni mempunyai daun dengan ukuran, bentuk, dan warna yang akan bervariasi tergantung pada seberapa seringnya mereka terkena angin dan sinar matahari. Pada manusia, nutrisi mempengaruhi tinggi badan, latihan fisik mengubah bentuk badan, berjemur akan menggelapkan kulit, dan pengalaman memperbaiki penampilan pada tes intelegensia. Dengan demikian, fenotip suatu individu merupakan hasil interaksi antara genotip dengan lingkungannya.
Untuk mengetahui berbagai variasi yang terdapat pada tumbuhan, telah dilakukan pengamatan terhadap empat bunga Chrysantemum sp yang memiliki warna berbeda. Bunga tersebut diantaranya adalah bunga Chrysantemum kuning, ungu, putih, dan merah - kuning. Untuk mengetahui variasi bunga tersebut, ditentukan sepuluh sifat yang akan kami amati. Sepuluh sifat tersebut diantaranya adalah warna bunga pita putih, ukuran bunga pita lebih dari 2 cm, jumlah calyx kurang dari 5, jumlah lingkaran corolla 3, jumlah corolla lebih dari 20, jumlah bunga pita lebih dari 200, jumlah bunga tabung lebih dari 10, diameter bunga, tipe ujung daun tua, dan tipe pangkal daun.
Setelah dilakukan pengamtan terhadap bunga Chrysantemum sp tersebut,  didapatkan fakta bahwa keempat bunga tersebut memiliki perbedaan sifat. Hal tersebut ditunjukkan dari data yang didapatkan. Data tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
·         Warna bunga putih hanya dimiliki oleh bunga putih
·         Bunga yang memiliki bunga pita lebih dari dua cm adalah bunga kuning, ungu, dan putih
·         Hanya bunga merah- kuning yang memiliki calyx kurang dari 5
·         Semua bunga memiliki 3 lingkaran corolla
·         Bunga merah - kuning memiliki 18 corolla, bunga kuning memiliki 28 corolla, bunga ungu memiliki 71 corolla, dan bunga putih memiliki 21 corolla. Dapat disimpulkan bahwa bunga yang memiliki corolla lebih dari 20  adalah semua bunga kecuali bunga merah – kuning.
·         Bunga merah - kuning memiliki 157 bunga pita, bunga kuning memiliki 218 bunga pita, bunga ungu memiliki 235 bunga pita, dan bunga putih memiliki 199 bunga pita.  Dapat disimpulkan bahwa yang memiliki bunga pita lebih dari 200 adalah bunga kuning, ungu dan putih.
·         Bunga tabung pada bunga merah – kuning adalah 23, pada bunga kuning 5, pada bunga ungu 3, dan pada bunga putih 19. Jadi, bunga yang memiliki jumlah bunga tabung lebih dari sepuluh adalah bunga mmerah – kuning dan putih.
·         Bunga kuning, ungu dan putih memiliki memiliki tipe ujung daun obtusus dan tipe pangkal daun meruncing.

0 comments: